google-site-verification=kyoZuJfnCslC6nAYsR6MS6s8JZnvGiySiMr38xtZi40
Artikel,  Giveaway,  Inspirasi,  Nonfiksi

Ini Dia 5 Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan di Rumah Saja

Pandemi COVID 19 mau tak mau merubah pola hidup kita. Salah satunya dalam masa liburan sekolah ini.Para orang tua biasanya memilih waktu libur kenaikan kelas untuk berekreasi bersama keluarga. Sekaligus memberi ruang untuk menyegarkan diri dan menambah kedekatan seluruh anggota keluarga.Namun, di masa pandemi seperti ini, rasanya berlibur bukan pilihan yang tepat. Apalagi mengajak anak-anak ke tempat umum dan berbaur dengan banyak orang. Maka, berdiam diri di rumah menjadi pilihan yang baik untuk sementara waktu.Meski di rumah aja, kita tetap bisa kok menikmati liburan ini dengan beragam kegiatan seru.Ini contohnya!

1. Mendekor rumah

Kesempatan liburan sekolah ini bisa kita manfaatkan untuk bersih-bersih sekaligus mendekor rumah, lho. Kita bisa ajak anak-anak ikut bersih-bersih rumah dan menghias rumah dengan aneka pernak-pernik yang instagramable.Jangan lupa, beri kesempatan pada anak-anak untuk menyampaikan idenya dalam mendekor rumah. Ini akan menjadi ajang buat mereka untuk berani berpendapat. Mereka juga makin percaya diri dan merasa dihargai di rumah.Alhasil, acara dekor rumah ini menjadi saran untuk mengeratkan ikatan keluarga sehingga suasana dalam rumah akan terasa lebih hommy dan penuh kehangatan.

2. Masak bersama

Kegiatan memasak rasanya sudah menjadi aktivitas yang lumrah dilakukan setiap hari. Namun, siapa sangka, kegiatan ini bisa menjadi aktivitas liburan yang menyenangkan. Ajaklah anak-anak dan seluruh anggota keluarga untuk memilih menu yang akan dimasak hari ini.Libatkan mereka dalam proses eksekusi bahan makanan menjadi menu yang diinginkan hari ini. Beri kesempatan pada anak-anak untuk ikut membantu sesuai dengan tingkat usia mereka.Saat masakan sudah jadi, hidangkan dengan diberi hiasan garnis sebagai pemanis. Hmm, masakan lezat penuh cinta akan terasa lebih nikmat disantap dengan seluruh anggota keluarga.

3. Merawat tanaman

Tahu tidak, merawat tanaman bisa menjadi sarana self healing yang menenangkan, lho. Dengan merawat tanaman, kita bisa belajar tentang nilai kesabaran dan kenikmatan berproses untuk menuai hasil yang baik.Dengan merawat tanaman, kita bisa ajarkan karakter positif ini kepada anak-anak. Mereka juga akan belajar tentang tanggung jawab dan konsekuensi dari sebuah perbuatan.Contohnya, kita berikan tanggung jawab pada anak-anak untuk menyiram tanaman setiap pagi dan sore. Jika anak lupa menyiram tanamannya, maka ia akan layu dan mati.Tips: untuk belajar merawat tanaman ini sebaiknya gunakan tanaman yang mudah perawatannya ya dan harganya murah. In case jika anak-anak belum mahir merawat, kita nggak sepaneng mikirnya. Hehe.

4. Membuat kerajinan tangan

Kegiatan membuat kerajinan tangan atau DIY craft bisa jadi aktivitas seru dan menyenangkan bersama keluarga lho. Anak-anak pun pasti suka.Ragam kerajinan tangan yang sedang hype bisa kita sontek di Youtube atau Tik Tok. Pastikan tingkat kesulitannya sesuai dengan usia anak, ya. Agar ia bersemangat karena berhasil membuat hasil kerajinan tangan miliknya.Selain menambah kreativitas anak, kegiatan ini juga melatih motorik halus anak lho. Anak pun makin percaya diri karena memiliki skill baru yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Piknik

Siapa bilang di rumah aja nggak bisa piknik? Bisa dong! Manfaatkan teras atau halaman rumah untuk piknik bersama keluarga. Biar lebih seru, buat dekorasi atau nuansa menyerupai alam agar terasa seperti sedang liburan di alam terbuka.Siapkan bekal yang dimasak sendiri agar lebih terasa sentuhan cinta untuk keluarga. Jika sedang tidak ingin ribet, kita bisa pesan makanan siap saji dengan mengandalkan aplikasi pemesanan makanan online.Oiya, kita juga bisa barbeque party nih dengan keluarga. Sekarang ini banyak juga jasa penyedia layanan barneque di rumah. Lengkap mulai dari aneka bahan mentah hingga peralatannya. Kita tinggal telepon saja langsung dikirim ke rumah.SSt, jangan lupa foto-foto ya, buat nambah konten di media sosial.
Nah, itu tadi 5 kegiatan seru yang bisa kita lakukan selama liburan di rumah. Semoga menginspirasi, ya!(Ruang Aksara/ alv_shines)Penulis adalah seorang guru, penulis buku, dan content creator.
Sapa penulis di ig: @alv_shines dan Fb: Alv Shines.(Tulisan ini disertakan dalam lomba Giveaway Liburan Sekolah yang Diselenggarakan oleh Ruang Aksara periode 22-27 Juni 2020).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: