google-site-verification=kyoZuJfnCslC6nAYsR6MS6s8JZnvGiySiMr38xtZi40
Giveaway,  Nonfiksi,  Peringatan HUT RI

Mengenang Serunya Pawai Kemerdekaan HUT RI Tahun Lalu, Ambyar!!

Semarak pesta ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh bangsa Indonesia. Tak terkecuali tahun ini. Namun, sayang sekali COVID 19 memporak-porandakan cita-citaku untuk ikut serta dalam kemeriahan pesta ulang tahun kemerdekaan negeri tercinta ini.

Tentu saja dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, pemerintah tentu akan melarang sebagian besar agenda perayaan ulang tahun kemerdekaan yang melibatkan kerumunan massa. Salah satunya adalah pawai kemerdekaan.

Padahal acara yang satu ini selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat. Ibarat kata, pawai kemerdekaan adalah acara puncak dari rangkaian peringatan hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Indonesia.

Teringat olehku kemeriahan pawai ulang tahun kemerdekaan RI yang rutin kuikuti setiap tahun. Kebetulan aku adalah guru sekolah dasar. Jadi setiap tahun aku dan seluruh keluarga besar sekolahku terlibat dalam pesta rakyat yakni pawai HUT Kemerdekaan RI.

Kostum yang dipakai kelas kami mengusung tema Kerajaan Bali dengan sentuhan modern

Hal yang paling berkesan dalam pawai ini adalah semangat kebersamaan. Para guru, siswa, dan walimurid bersama-sama bahu-membahu mempersiapkan acara ini. Mulai dari menghias kendaraan, mempersiapkan kostum, make up, hingga beragam atraksi yang akan dipentaskan di tengah jalan.

Tak seperti biasanya, pawai kemerdekaan tahun lalu dilaksanakan dengan berjalan kaki. Tanpa menggunakan kendaraan bermotor.

Menurutku pawai dengan berjalan kaki lebih asyik, sih! Karena kami bisa melakukan atraksi yang lebih seru di sepanjang perjalanan.

Sekolah kami mengusung tema kerajaan nusantara. Kelasku mempersembahkan Kerajaan Bali. Kami kompak mengenakan baju adat Bali yang telah dimodifikasi lebih modern.

Salah satu atraksi siswa-siswi sekolahku dalam pawai kemerdekaan tahun lalu

Sepasang siswa berdandan raja dan ratu Bali berjalan beriringan di muka barisan. Diikuti oleh para pengawal dan dayang-dayang yang berjalan di belakangnya.

Di sepanjang perjalanan, kami menari Bali Mejangeran. Dengan iringan lagu tradisional Bali yang kami unduh dari Youtube. Lagu ini kami mainkan melalui perangkat audio truk miniatur. Seru sekali!

Hm, jadi kangen ikut pawai lagi.

Semoga COVID 19 segera sirna. Kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan, ya. Jadi tahun depan bisa merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan rangkaian acara yang seru dan menyenangkan. Amiin.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-75. Semoga bangsa Indonesia semakin maju dan bermartabat.

Merdeka!!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: