google-site-verification=kyoZuJfnCslC6nAYsR6MS6s8JZnvGiySiMr38xtZi40
Artikel,  Inspirasi

Berlibur dan Belajar di Wisata Edukasi Kampoeng Kidz, Batu

Traveling adalah salah satu yang dirindukan oleh banyak orang di masa pandemi COVID 19 ini. Apalagi setelah ada himbauan di rumah saja selama kurang lebih setengah tahun, jiwa-jiwa rindu traveling ini mulai bergejolak. 

Untunglah di era new normal seperti sekarang, kita sudah diperbolehkan bepergian dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Untuk menambah referensi tempat liburan yang ramah untuk anak dan keluarga, kali ini saya akan cerita tentang pengalaman staycation di tempat wisata edukasi yang satu ini.

Kampoeng Kidz terletak di Jalan Pandanrejo nomor 2, Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata dengan luas hampir 10 hektar ini menawarkan paket wisata edukasi untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa. Ada juga paket untuk perusahaan, misalnya gathering dan pelatihan. 

Bisa dibilang Kampoeng Kidz adalah tempat wisata dengan paket komplit. Selain menyediakan paket-paket wisata edukasi, Kampoeng Kidz juga menyediakan fasilitas hotel dan penginapan yang nyaman. Ada juga restoran dengan menu-menu lokal dan modern dengan harga yang standar. 

Kebetulan saya berkunjung ke sini dalam rangka family gathering kantor. Begitu sampai di lokasi, kami dipersilakan menuju penginapan yang sudah dipesan sebelumnya. Kemudian bersiap mengikuti welcome party yang diadakan oleh Kampoeng Kidz. 

Tarian selamat datang yang dipersembahkan oleh Kampoeng Kidz

Pada saat acara welcome party, kami disambut oleh pihak pengelola Kampoeng Kidz dan disuguhi welcome dance performance yang bikin pingin ikutan joget. Di akhir sesi, kami dipersilakan untuk foto bersama para dancer tadi. 

Setelah itu, kami diajak untuk berkeliling melihat-lihat seluruh lokasi Kampoeng Kidz. Mulai dari sentra industri (pabrik pengolahan snack ala Kampoeng Kidz), sentra pertanian, peternakan, perikanan, dan sentra-sentra lain yang ada di Kampoeng Kidz. 

Saat berkeliling Kampoeng Kidz ini, aku lihat semua pegawainya masih sangat muda. Kira-kira mereka berusia sekitar 18 sampai awal 25 tahun. Ternyata, perkiraanku tidak salah. 

Pegawai yang bekerja di Kampoeng Kidz memang masih sangat muda. Mereka adalah siswa-siswi dan alumni dari SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI). Sebuah sekolah yang didirikan oleh pemilik Kampoeng Kidz. Konon, Kampoeng Kidz ini didirikan untuk tempat magang siswa-siswi dan alumni SMA Selamat Pagi Indonesia. 

Malam hari, kami dijamu dengan makan malam yang nikmat dengan menu-menu khas Indonesia. Ada nasi goreng, ayam goreng masak merah, serta sup sehat dengan isian utama wortel dan sosis. 

Spectacular Night Show di Kampoeng Kidz

Kenyang makan, kami dijamu lagi dengan pertunjukan Spectacular Night Show dari Kampoeng Kidz. Pertunjukan yang berdurasi lebih kurang dua jam ini, benar-benar membuat aku terpana. Perpaduan antara permainan lighting, musik, dan tata panggungnya sangat harmonis dengan atraksi dari para pemain yang memanjakan mata. 

Selepas acara Spectacular Night Show, kami melanjutkan acara gathering kantor. Salah satu acara yang diagendakan oleh kantor saya di sini adalah perpisahan dengan pegawai yang akan purna tugas. Acara ini dikemas secara semi-formal serta penuh rasa kekeluargaan. Acara dihelat di sebuah hall yang telah disediakan oleh Kampoeng Kidz sesuai dengan request kami. 

Di akhir acara, kami menutup malam dengan karaoke bersama sambil menikmati suguhan roti bakar, kopi, dan aneka snack yang telah disediakan oleh Kampoeng Kidz di hall tersebut. Belum sampai jam 11 malam, saya ijin undur diri menuju peraduan. Berhubung saat itu saya sedang berbadan dua, jadi rasanya tidak kuat lagi menjadi Cinderella yang harus begadang hingga larut malam. 

Sesampainya di kamar hotel, saya segera membersihkan diri dan bersiap rebahan. Pada saat menginap di sini, kamar hotel ini terbilang baru. Pembangunannya saja masih berjalan. 

Satu kamar yang saya tempati, terdiri dari 3 tempat tidur single. Ada kamar mandi dengan shower air panas, televisi, dan mini bar. Kamar ini juga memiliki balkon yang menyuguhkan pemandangan Gunung Panderman di kejauhan. Tak sabar saya ingin melihat pemandangan matahari terbit dari balkon ini besuk pagi. 

Saat pagi tiba, cahaya keemasan mentari menerobos masuk ke celah-celah jendela kamar. Segera kubuka gorden jendela, benar saja, tampak pemandangan indah terhampar di depan mata. Dan balkon kamar ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati lukisan Tuhan di pagi ini. 

Belum puas memanjakan mata, sebuah pesan masuk melalui aplikasi Whatsapp di smartphone-ku: 
“Harap berkumpul di arena pertunjukan Spectacular Night Show jam 6 pagi. Acara senam pagi lanjut sarapan dan outbond.” 
Pesan dari panitia acara gathering. 


Aku pun bergegas mandi dan bersiap menuju lokasi yang telah ditentukan. Setibanya di lokasi, kami dipandu oleh tim dari Kampoeng Kidz untuk melakukan senam pagi yang fun dan menyenangka

Senam pagi sebelum sarapan

Setelah senam pagi, kami dipersilakan menikmati sarapan di sebuah hall yang letaknya dekat dengan lokasi senam. Menu sarapan yang mengadaptasi menu rumahan ini sungguh nikmat disantap untuk mengawali hari. Tak lupa, ditambah dengan kerupuk yang membuat suasana makan jadi lebih seru. Kriuk.. kriuk.. kriuk.. !! 🤭🤭

Usai makan pagi, kami melanjutkan dengan kegiatan outbond bersama tim dari Kampoeng Kidz. Kegiatan outbond dimulai dari membagi seluruh peserta menjadi dua tim. Lalu, kedua tim ini berlomba mendapatkan lebih banyak poin dalam aneka permainan dalam outbond. 

Seperti perlombaan halang rintang, merangkak di bawah kawat, game make up dengan mata tertutup, dan lomba mendapatkan ikan dengan tangan kosong. Acara outbond ditutup dengan flying fox. 

Seru sekali! 

Apalagi kontur tanah di areal Kampoeng Kidz ini naik dan turun, sehingga benar-benar terasa ngos-ngosannya. 

Sambil selonjoran dan mengeringkan tubuh yang basah oleh keringat, tiba-tiba kami dapat surprise dari tim outbond Kampoeng Kidz. 

Apa tuh? 

Dua buah baskom besar yang berisi aneka gorengan (weci a.k.a ote-ote atau disebut juga bala-bala dan tahu isi) serta es degan dengan sirup warna merah yang menggiurkan.

Ah, mantap!

Puas menikmati aneka gorengan dan es degan, kami menuju kamar hotel dan penginapan untuk mandi dan bersiap untuk mengikuti acara penutupan. 

Oiya, selain hotel, fasilitas akomodasi yang ada di Kampoeng Kidz juga ada penginapan dengan kapasitas 8 orang. Tersedia kamar mandi dalam ruangan dengan air panas di penginapan ini. 

Selesai mandi dan berkemas, kami menyempatkan untuk berbelanja oleh-oleh di Kampoeng Kidz. Barang-barang yang dijual di sini lumayan lengkap, lho. Harganya juga variatif. 

Saya mendapatkan tas ransel serut dengan bahan kain seharga lima belas ribu rupiah. Lumayan kan buat oleh-oleh keluarga di rumah. Aneka snack hasil produksi siswa-siswi SMA Selamat Pagi Indonesia juga dijual di sini, lho. Kita nggak bakal bingung deh mau cari oleh-oleh. Istilahnya palugada, apa lu mau gua ada.  

Duh, tak terasa kami harus meninggalkan Kampoeng Kidz. Padahal rasanya masih betah sekali berada di sini. Suasana nyaman dengan staf yang ramah dan sangat helpfull membuat kami merasa seperti di rumah sendiri. 

Belum lagi nuansa alam dan pemandangan yang luar biasa indah di sini, membuat betah berlama-lama menikmati keindahan alam yang Tuhan ciptakan di Kampoeng Kidz ini. 

Gunung Panderman yang merupakan salah satu pemandangan indah yang bisa kita saksikan di Kampoeng Kidz

Hawa sejuk dan udara segar juga menjadi nilai plus yang bikin ingin selalu kembali berlibur di Kampoeng Kidz. 

Sayonara Kampoeng Kidz!

Semoga lain waktu ada kesempatan untuk bisa liburan ke sini lagi. Merasakan makna refreshing yang sebenarnya dengan menikmati udara pegunungan yang fresh dengan pelayanan yang ramah dan menyenangkan. 

PS: Acara gathering ini kami laksanakan sebelum pandemi COVID 19.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: